Museum Pendidikan

Jan 16, 2020 | Museum | 0 Komentar

Museum Pendidikan Surabaya merupakan museum tematik yang didirikan sebagai langkah pelestarian sejarah dan budaya bangsa dengan tujuan untuk mendukung kegiatan edukasi, riset dan rekreasi di Kota Surabaya. Diresmikan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini pada 25 November 2019. yang menyimpan bukti materiil Pendidikan pada masa Pra-Aksara, Masa Klasik, Masa Kolonial dan Masa Kemerdekaan. Berlokasi di Jalan Genteng Kali No 10 Surabaya yang merupakan EX Sekolah Taman siswa.

ZONA MASA PRA-AKSARA
Zona Pendidikan di era ini mungkin terlihat sangat sederhana dan mendasar, tapi juga mengajarkan salah satu esensi paling utama pengetahuan yang tetap relevan hingga era kini yaitu bertahan hidup. Didalam zona ini terdapat koleksi Manuskrip Kuno Era1800-an , Manuskrip berbahan dasar Lontar dan Diorama Pra Aksara (Manusia Purba)

ZONA KERAJAAN
Pada zona ini Pengaruh dan corak dari luar nusantara yang berasimilasi dengan elemen lokal menjadikan pendidikan di era ini menjadi sangat dinamis dan menarik dibanding sebelumnya. Berbagai ajaran agama dan pengetahuan yang disebarkan inipun memiliki jenis aksara yang masing-masing.

ZONA KOLONIAL
Pada Pendidikan masa ini menceritakan tentang Pendidikan era Kolonial Belanda dan Jepang. Koleksi terkait zona Kolonial ini meliputi Sepeda Guru. Sepeda Zundapp untuk pendampingan Orang tua mengantar siswa berangkat Sekolah dsb.

ZONA KEMERDEKAAN.
Pada Zona Kemerdekaan ini menampilkan Koleksi –koleksi terkait benda bukti materiil peradaban periodisasi tahun 1945 – 1990an.

Destination: Museum
Alamat: Jl. Genteng Kali No. 10
Open: Selasa-Minggu / 08.00-16.00 .Senin Tutup
Tiket: Gratis

“ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayani.”
Ki Hajar Dewantara
(Bapak Pendidikan Indonesia) Pahlawan Nasional

Kirim pertanyaan dan komentar kamu. Berbagi pengalaman wisata seru bersama Sparkling Surabaya.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Berkunjung ke Museum Pendidikan Surabaya | Bandungklik - […] Sumber: sparkling.surabaya.go.id […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Perjalanan Terbaru

Ikuti rekomendasi perjalanan terbaru berikut yang tak kalah menarik untuk kita kunjungi.

© 2019 DISBUDPAR Kota Surabaya | All Rights Reserved

Pin It on Pinterest

Share This
X